• Sen. Jun 17th, 2024

Terima Putusan MK, Ganjar Ucapkan Selamat Bekerja ke Prabowo-Gibran

ByWira

Apr 22, 2024

Jakarta – mediakota-online.com

Gugatan capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo terkait sengketa Pilpres ditolak Mahkamah Konstitusi (MK). Ganjar pun menerima putusan MK tersebut dan mengucapkan selamat bekerja kepada Prabowo-Gibran selaku pemenang Pilpres.

“Saya dan Pak Mahfud tinggal hari ini saja, akhir dari sebuah perjalanan, maka apapun keputusannya kami sepakati untuk menerima, kami terima, dan tentu kami ucapkan selamat bekerja untuk pemenang dan mudah-mudahan PR-PR bangsa ke depan bisa segera diselesaikan,” kata Ganjar di gedung MK, Jakarta Pusat, dilansir detikNews, Senin (22/4/2024).

 

Ganjar menilai proses sidang sengketa pilpres di MK tersebut telah berjalan dengan sebagaimana mestinya. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para relawan dan masyarakat atas dukungan untuknya.

 

Ia juga mengapresiasi kepada MK atas putusan yang ditetapkan, terlebih, adanya dissenting opinion di dalam putusan MK.

 

“Hakim Majelis saya apresiasi, yang pertama menerima proses ini dari awal, kemudian menyidangkan, sampai kemudian tadi diputuskan dan ada dissenting-nya,” jelasnya.

 

“Yang menarik dalam catatan kami adalah dissenting itu disampaikan bahwa eksepsi eksepsi yang ada ditolak,” sambungnya.

 

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md juga menyatakan dirinya menerima putusan MK tersebut. Mahfud mengatakan sudah tidak ada upaya hukum lagi yang dapat ditempuh terkait sengketa Pilpres tersebut.

 

“Kami menerima, demi keadaban hukum. Karena keadaban hukum itu ketika membuat hukum harus benar ketika menegakkan hukum harus benar ketika menerima putusan juga harus sportif,” ujarnya.

 

“Sehingga perselisihan itu ya, sudah selesai, harus diakhiri,” lanjut dia.

 

Mahfud juga mengakui dirinya puas dengan putusan yang ditetapkan MK. Menurutnya, baru kali ini ada dissenting opinion dalam putusan sengketa Pilpres.

 

“Puas, kan saya sebelum ke MK, saya sudah bilang sidang di MK ini adalah teater hukum dunia. Ini disaksikan oleh seluruh dunia, dan harus diingat putusan sengketa pilpres, dalam sepanjang sejarah baru yang hari ini ada dissenting opinion,” tuturnya.

 

Sebelumnya, MK menolak permohonan sengketa hasil Pilpres 2024 yang diajukan Anies Baswedan dan Ganjar-Mahfud.

 

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua MK Suhartoyo dalam persidangan di Gedung MK. [Hasan Himmah]

By Wira