• Kam. Apr 18th, 2024
Top Tags

Kementan: Vaksin PMK Akan Datang Pekan Depan

ByWira

Jun 10, 2022
Ilustrasi

Jakarta, mediakota-online.com
Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan, vaksin untuk penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak akan mulai datang pada pekan depan. Adapun rencananya, Kementan akan mengimpor vaksin sebanyak 3 juta dosis.

“Vaksin (PMK) minggu depan udah datang. Kami terus berupaya percepat,” kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah di Gedung KPPU, Kamis (9/6).
Nasrullah menyebut, vaksin PMK diimpor dari berbagai negara. Namun, Ia tidak memerinci dari mana saja asal negara vaksin tersebut.

Dia menambahkan, vaksin PMK akan diberikan kepada hewan ternak sehat yang berada di wilayah terpapar PMK. Artinya, hewan ternak yang telah terpapar penyakit mulut dan kuku tidak diberikan vaksin.

Ia menyebut, hewan ternak akan disuntik satu dosis vaksin. Lalu, 6 bulan kemudian, hewan ternak tersebut akan diberikan vaksin yang kedua (booster).
Nasrullah mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan PMK. Ia belum bisa memastikan apakah wabah PMK akan menjadi pandemi atau tidak.
“Saya belum bisa jawab, mudah-mudahan vaksin datang dapat terkendali dengan baik, itu doa kami,” ujar Nasrullah.

Lebih lanjut Nasrullah berharap peternak tidak panik dengan adanya wabah PMK. Peternak juga diminta tidak melakukan panic selling menjelang Hari Raya Idul Adha. Ia menyatakan, virus PMK pada hewan tidak menular ke manusia.
“Pemerintah serius menangani PMK, kita berupaya semaksimal mungkin,” ucap Nasrullah. (Wira)

By Wira