• Sab. Jul 20th, 2024

Divisi Humas Polri: Wartawan Tidak Bisa Dijerat UU ITE, Ini Penjelasannya

ByWira

Mei 31, 2023

Tanah Bumbu, mediakota-online.com
Polres Tanah Bumbu bersama puluhan wartawan mengikuti Video Conference (Vidcon) Divisi Humas Polri tentang dialog publik dengan tema ” Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis, bertempat di Aula Wicaksana Laghawa, Rabu (31/5/2023) siang.

Giat dalam rangka pemantapan komunikasi publik menuju Polri yang Presisi itu dihadiri Kapolres Tanbu AKBP Tri Hambodo, Kasat Reskrim, Kasi Humas Iptu Jonsar Sinaga, Kasat Sabhara dan Kasi Kum.

Pada dialog tersebut menghadirkan narasumber Totok Suryanto selaku Anggota Dewan Pers periode 2022-2025 merangkap Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri, Dr Devie Rahmawaty, Kombes Pol Basuki Effendhy dari Bareskrim Polri, Kombes Pol Adi dari Pidkum Mabes Polri, serta dipandu oleh moderator terkenal Stefani Ginting.

Kadiv Humas Polri diwakili Brigjen Pol Drs M Hendra Suharyono dalam sambutannya menyampaikan, bahwa peran wartawan sangatlah penting. Salah satunya sebagai fungsi kontrol.

Melalui pers, kata dia, informasi terkait pembangunan dapat terdistribusi dengan mudah dan cepat. Dalam menjalani profesinya seorang wartawan dilindungi oleh undang-undang, wartawan tidak bisa dituntut atau dijerat dengan UU ITE.

Kemudian dia mengucapkan terimakasih kepada ketua organisasi wartawan yang telah hadir mengikuti dialog melalui vidcon tersebut.

“Kami sangat mendukung tugas rekan-rekan jurnalis dan teruslah berkarya untuk memberikan informasi yang akurat dan fakta kepada masyarakat dan membangun negeri ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, mewakili semua organisasi wartawan dan media yang hadir, Ketua PWI Tanah Bumbu Slamet Riadi atau yang lebih kerap disapa Bang Yadi sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Divisi humas polri.

Menurut Ketua PWI Tanbu kegiatan yang digelar ini merupakan bentuk dukungan Polri terhadap kebebasan pers di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini juga kami mengajak Polri, khususnya Polres Tanah Bumbu untuk terus meningkatkan kemitraan dengan insan pers yang bertugas di wilayah Tanbu pada khususnya,” ujarnya. [Slamet Riadi / Halion]

By Wira