• Sab. Feb 24th, 2024
Top Tags

Dr. Muhammad Indra : SDM Imigrasi Harus Memiliki Jiwa Nasionalisme yang Tinggi Dan Cinta Pancasila

ByWira

Jun 6, 2023



Jakarta, mediakota-online.com
Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran penting dalam
mendukung kemajuan dan membangun suatu instansi, negara maupun daerah. Demikian juga dalam hal pelayanan keimigrasian.

Tak hanya SDM yang andal dan berkualitas saja yang dibutuhkan,Pancasila sebagai dasar negara. tetapi juga harus memiliki jiwa nasionalisme dan mencintai pancasila sebagai dasar negara. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrias Kemenkumhan periode 2009 -2011 dr. Muhammad Indra.

Menurutnya, pegawai Imigrasi tak hanya sekedar melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan lintas negera atau luar negeri saja, tetapi juga sebagai garda terdepan NKRI di area-area keberangkatan dan kedatangan, baik melalui jalur laut, darat, maupun udara.

“Petugas Imigrasi, mereka melakukan penjagaan di pintu masuk negara, baik itu pelabuhan, bandara maupun terminal. Mereka tak hanya sekedar memeriksa dokumen saja, tetapi juga sebagai garda terdepan NKRI tentunya harus memiliki jiwa nasionalis yang tinggi serta mencintai Pancasila yang merupakan ideologi dan dasar negara ini,” ujar Indra yang kini dipercaya menjabat sebagai Ketua Umum Koperasi Konsumen Pengayoman Pegawai Kementerian Hukum dan HAM.

Lebih lanjut Indra menjelaskan,
sebagai salah satu pihak yang
sering berhadapan dengan
warga negara asing (WNA),
tentunya dengan menanamkan
rasa cinta Pancasila dapat
menumbuhkan rasa
nasionalisme yang lebih tinggi. Sumber Daya Manusia (SDM) Sehingga tidak mudah goyah dengan berbagai godaan yang dapat mengurangi kesetiaan terhadap negeri ini.

“Kita ini kan setiap hari berhadapan dengan WNA, tentunya dalam melaksanakan tugas kita harus memiliki integritas, nasionalisme, dan mencintai pancasila sehingga tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing dalam menjaga pintu masuk NKRI” Pungkasnya.
[Benn]

By Wira