• Sab. Feb 24th, 2024
Top Tags

Kejari Jakarta Barat Tahan 2 Direktur Swasta Kasus dugaan Korupsi Rugikan Negara lebih Rp 200 Milyar.

ByWira

Agu 6, 2023

 

Jakarta, mediakota-online.com
Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Jebloskan 2 direktur dari perusahaan swasta sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi, pengadaan barang dan jasa. Adapun dugaan kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp 200 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Barat, Dr. Iwan Ginting membenarkan, “kedua tersangka tersebut sudah ditahan. ‘Kedua tersangka itu berinisial RO, selaku Direktur PT Interdata dan RN yang merupakan Direktur PT Quartee Technologies, ujarnya Iwan

“Ada 2 orang yang kemarin digeledah, ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan di Rutan Salemba selama 20 hari ke depan. Mereka berinisial RO dan RN,” kata Iwan Ginting melalui Kasi Intelijennya, Lingga Nuari, kepada wartawan Jumat (7/8/2023).

Meski demikian, Lingga mengaku pihaknya belum dapat merinci peran mereka dalam perkara dugaan korupsi tersebut. Hal itu lantaran perkara ini masih dalam pengembangan, tungkasnya.

Ini kan masih belum berhenti di sini, artinya kan masih tetap kita kembangkan, begitu. Kita lihat dari penyidikan. Untuk kerugian negara diperkirakan lebih dari Rp.200 milyar, untuk jumlah pastinya sedang dihitung oleh penyidik bersama dengan auditor dari Telkom,” ucap Lingga

Adapun, kedua perusahaan tersebut adalah PT Quartee Technologies dan PT Haka Luxury Indonesia, yang berlokasi di Komplek Taman Semanan Indah, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melakukan penggeledahan dua perusahaan terkait dugaan korupsi. Mereka melakukan penggeledahan juga turut disaksikan oleh pihak pengurus wilayah setempat.

“Kegiatan turut disaksikan oleh Lurah, Sekretaris Lurah dan Ketua RT setempat,” kata Lingga kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).

Ditegaskan Lingga, ada pun pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat Nomor Print-3615/M.1.12/Fd.1/06/2023 tanggal 19 Juni 2023.

Dari hasil penggeledahan kedua perusahaan itu, Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus), Ondo Purba SH,.MH bersama timnya Kejari Jakarta Barat, menyita dan mendapatkan 51 bundel dokumen terkait yang dibutuhkan dalam proses penyidikan, ungkapnya.(Eddy)

By Wira