• Sab. Feb 24th, 2024
Top Tags

Dirjen imigrasi Silmy Karim pembuatan Paspor Imigrasi Indonesia telah disebut Mencapai Level Internasional

ByWira

Okt 5, 2023

Jakarta, mediakota-online.com

Layanan paspor Indonesia hanya dua tiga hari saja dapatkan yang baru memang sudah dapat terealisir saat ini.

Prestasi Imigrasi Indonesia ini sudah mencapai level internasional melakukan pelayanan cepat bagi masyarakat.

“Kita memang sangat melihat sangat pentingnya pelayanan masyarakat terutama dalam pembuatan paspor yang kini mencapai level internasional sangat cepat,” papar Silmy Dirjen Imigrasi Indonesia.

Selama ini diungkapkan bahwa kesulitan masyarakat membuat paspor karena di hari biasa.

“Biasanya satu hari hilang karena kesibukan kerja, macet di jalan dan sebagainya membuat lelah sehingga kita melihat hari libur Sabtu- Minggu merupakan kesempatan baik agar bisa maksimal melayani masyarakat saat ini yang butuh speed guna sesuai pencapaian level internasional pula,” tambahnya.

Di Jerman pembuatan paspor baru sekitar 4 minggu di Singapura 2 minggu.

“Tapi kita sudah bisa dua tiga hari selesai merupakan benar-benar prestasi internasional dalam pembuatan paspor,” tekannya lagi.

Seorang nenek tua sekitar 70 tahunan yang ditemui awak mediakota-online.com di lokasi pelayanan paspor baru di Plaza Semanggi Jakarta Sabtu lalu (30/9/2023) merasa puas.

“Enak di sini pak. Antri tidak begitu ramai, melayaninya juga cepat petugas ramah dan baik dan cepat selesai hanya 3 hari sudah bisa peroleh paspor saya,” ungkap nenek tua tersebut.

“Mau ke mana bu?” tanya mediakota-online.com lagi.

“Mau nengokin anak saya di luar negeri pak jadi butuh paspor. Sudah lama paspor saya mati, baru bikin paspor baru kini,” paparnya lagi.

Pihak imigrasi Indonesia menamakan program LASKAR PLANGI (Layanan Percepatan Paspor Plaza Semanggi) Inovasi Layanan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.

Laskar Plangi diadakan sejak bulan Februari 2023 di hari Sabtu dan Minggu Pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB.

Paspor selesai di hari yang sama (bisa ditunggu) atau dua tiga hari kemudian.

Biaya Layanan Percepatan Rp 1.000.000,- di tambah biaya paspor (Paspor Biasa Rp 350.000 Paspor Elektronik Rp 650.000,-).

“Layanan paspor tersebut hanya melayani Paspor Baru dan Penggantian Habis Berlaku, namun tidak melayani Paspor Hilang dan Rusak,” ungkap Putra seorang petugas imigrasi di sana.
[Benn]

By Wira