• Sab. Feb 24th, 2024
Top Tags

Rilis Akhir Tahun Polri: 87,7% Masyarakat Percaya Polri Mampu Jaga Keamanan

ByWira

Des 27, 2023

Jakarta, mediakota-online.com

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap hasil survei terkait stabilitas keamanan nasional. Jenderal Sigit mengatakan, sebanyak 87,7% responden percaya polisi mampu menjaga keamanan di wilayah tinggalnya.
Hal itu disampaikan Kapolri dalam acara rilis akhir tahun 2023, di Mabes Polri, Rabu (27/12/2023). Jenderal Sigit mengungkap berdasarkan survei Indikator Politik pada 6 November 2023, sebanyak 95,9% responden merasa aman di tempat tinggalnya saat ini dan sebanyak 90,6% masyarakat merasa aman saat berjalan sendirian di malam hari, serta 87,7% responden mempercayai kepolisian dapat menjaga keamanan di wilayah tinggalnya.

“Tingginya tingkat keamanan Indonesia juga dapat dilihat dari hasil survei indikator yang dirilis pada tanggal 6 November 2023, dimana 95,9% masyarakat merasa aman tinggal di tempat tinggalnya saat ini, 90,6% masyarakat merasa aman saat berjalan sendirian di malam hari, dan 87,7% masyarakat percaya bahwa kepolisian mampu menjaga keamanan di wilayah tinggal,” kata Jenderal Sigit.

Ia mengatakan tingginya penilaian publik terhadap keamanan nasional tersebut juga berkat dukungan masyarakat dan institusi terkait.

“Tentunya persepsi dan penilaian positif ini tidak terlepas dari pelaksanaan tugas oleh seluruh anggota dan juga seluruh komponen bangsa yang selama ini mendukung, terkait dengan tugas operasional maupun tugas tugas pembinaan di institusi Polri,” ujarnya.

Selain itu Jenderal Sigit juga mengungkap kondisi keamanan Indonesia yang berada di peringkat ke-5 dari 120 negara yang dinilai pada indeks Law and Order 2023.

Kapolri mengingatkan pentingnya menjamin stabilitas keamanan nasional agar terjadi stabilitas perekonomian nasional.

“(Jika) Stabilitas keamanan dapat terjaga, maka roda perekonomian dapat terus berputar, jumlah investasi dapat terus bertambah dan program-program pemerintah dalam mendukung Transformasi Ekonomi dapat terus berjalan,” kata Jenderal Sigit.
[Benn/Ismail H]

By Wira