• Sen. Jun 17th, 2024

Ada Dugaan Korupsi Eks Manager Bisnis Sembako Bulog Jakarta-Banten Ditahan Kejari Jakut.

ByWira

Mei 3, 2024

 

Jakarta – mediakota-online.com

Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara menahan TMF, Manager Bisnis di Kantor Bulog Wilayah Jakarta-Banten periode 2021-2023.

TMF ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan korupsi penjualan beras, minyak, dan gula tahun 2022-2023.

 

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Intelijen (Kasiintel) Kejari Jakarta Utara, Rans Fismy, SH dalam keterangannya Rabu, 2 Mei 2024 kemarin. Selain TMF, Rans menyebut penyidik juga melakukan penahanan terhadap IM bersama TMF di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta Pusat.

 

Untuk tersangka MH belum ditahan karena tidak hadir dalam pemeriksaan. Sementara keduanya, kata dia, merupakan rekanan dalam kasus tersebut.

“Selanjutnya penyidik akan kembali melakukan pemanggilan terhadap tersangka MH,” kata Rans.

 

Rans Fismy menyampaikan penetapan tersangka tersebut, setelah penyidik menemukan cukup bukti atas dugaan korupsi di Perum Bulog wilayah Jakarta-Banten.

Tersangka diduga menjual beras, minyak, dan gula tersebut antara Perum Bulog Jakarta-Banten dengan CV Citra Mandiri tidak sesuai SOP penjualan komoditas komersil.

 

“Karena transaksi dengan system tunda bayar tidak disertai dengan jaminan dan serta tidak dilengkapi dengan adanya perjanjian jual beli,” ujar Rans.

 

Adapun peran masing-masing para tersangka yakni TMF menjual komoditas berupa beras, minyak, dan gula kepada CV Citra Mandiri yang diwakili tersangka MH selaku Direktur Utama dan tersangka IM sebagai Direktur.

Perbuatan yang dilakukan para tersangka sejak September 2022 sampai dengan Desember 2022 itu sudah mencapai 86 transaksi dengan nilai mencapai Rp. 22,910 miliar.

 

“Berdasarkan hasil perhitungan sementara diduga terjadi kerugian keuangan negara kurang lebih senilai Rp. 7,459 miliar. Sampai saat ini masih dalam proses audit perhitungan kerugian keuangan,” (Eddy).

By Wira