• Sab. Jul 20th, 2024

Dr. MARDANI ALI SERA BUKA KAJIAN SUBUH KELILING FORKOMMAS TAHUN 2022

ByWira

Jan 10, 2022
Dr. Mardani Ali


Jakarta, MediaKota-online.com
Bertempat di Masjid Baiturrahim, Malaka Sari, Jakarta Timur, Dr. Mardani Ali Sera mengawali kajian rutin subuh keliling (kasuling) Forkommas (Forum Komunikasi Masjid se Malaka Sari) untuk tahun 2022 pada Sabtu, 8 Januari 2022. Forkommas beranggotakan 28 masjid dan musholla di kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Secara bergiliran mengadakan kajian bersama setiap pekannya.

Di hadapan lebih dari 300 orang jama’ah yang hadir, Dr. Mardani Ali Sera memberikan pencerahan tentang Membangun Ekonomi Umat. Bahwa  sebagai umat Islam harus kaya dalam rangka mengamalkan tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah. Sehingga perlu di bentuk mental enterpreneurship di tiap-tiap individu. Bukan mental sebagai konsumen yang ingin selalu membeli. Juga wajib di hindari hidup bersama riba, rentenir, dan bank keliling (bangke). Karena selain di larang dalam agama, juga terbukti menyesengsarakan masyarakat yang terlibat di dalamnya. Kemudian harus diusahakan uang berputar diantara umat. Hal ini lebih membawa berkah.  Dan perlu di buat program “one family one business” yaitu suatu program untuk menciptakan adanya satu usaha di setiap rumah tangga.  Sehingga akan melahirkan sikap kreatif, produktif, inovatif meskipun tetap di rumah. Serta memperdayakan masjid sebagai sentra kebangkitan ekonomi umat.

Di akhir acara kasuling tersebut, dilakukan pula pengukuhan DMI (Dewan Masjid Indonesia) ranting Malaka Sari oleh pimpinan DMI cabang Duren Sawit H. Tobri Hasan. Ketua Forkommas periode ini H. Eman Sulaeman SE., MM dilantik sebagai ketua DMI ranting Malaka Sari periode 2021-2026. (Wib)

By Wira