• Rab. Apr 24th, 2024
Top Tags

Korupsi Bansos Kemensos Senilai Rp 2,3 Miliar di Bima: 3 Tersangka Ditetapkan

ByWira

Jun 29, 2022


Bima, mediakota-online.com
Tim Jaksa Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi NTB telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk korban kebakaran di Kabupaten Bima.

“Karena sudah ada tersangka, penyidik sekarang sedang melengkapi berkas untuk pelimpahan ke jaksa peneliti,” kata Efrien.

Efrien menyampaikan hal tersebut berdasarkan informasi yang ia terima dari hasil kegiatan kunjungan kerja Kepala Kejati NTB Sungarpin beserta rombongan ke Kejari Bima, pada pekan lalu. Tiga tersangka dalam kasus ini adalah mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Andi Sirajudin, mantan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Kabupaten Bima Ismun, dan Pendamping Penyaluran Bansos Kebakaran Sukardi.

Keterlibatan tiga tersangka dalam kasus korupsi penyaluran bansos dari Kemensos RI ini berawal dari keluhan penerima manfaat bansos tahun 2020 yang berasal dari kalangan korban bencana kebakaran. Jumlahnya sebanyak 248 orang.

Nominal pemotongan bervariasi. Pemotongan terjadi ketika penerima mencairkan dana bansos melalui pihak perbankan. Menurut keterangan penerima, Dinsos melakukan pemotongan dengan alasan untuk biaya administrasi. Dari pendataan terungkap jumlah penerima bansos di antaranya berasal dari warga Desa Renda 37 kepala keluarga (KK); Desa Ngali 10 KK; Desa Naru 14 KK, dan Desa Karampi 30 KK. (Benn/Hasan Himmah)

By Wira