• Sab. Apr 20th, 2024
Top Tags

Silmy Karim Dilantik Jadi Dirjen Imigrasi Awal Januari 2023

ByWira

Des 27, 2022

Jakarta, mediakota-online.com
Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim akan dilantik menjadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI pada Januari 2023. Menyusul penetapan dirinya sebagai sosok yang lulus seleksi terbuka pejabat tinggi madya Kemenkumham tersebut.

Kabar ini dibenarkan langsung Silmy Karim saat dikonfirmasi mediakota-online.com. Melalui pesan singkat, dia juga membenarkan terpilih dari serangkai seleksi yang dilalui.

“Awal Januari (pelantikan Dirjen Imigrasi),” kata dia kepada awak mediakota-online.com, Senin (26/12/2022).

Kabar pelantikan ini sebelumnya disampaikan sumber mediakota-online.com. Sumber itu menyebut kalau pelantikan memang dilakukan pada waktu yang sama, Januari 2023.

Selain mengonfirmasi soal waktu pelantikan, Silmy menyebut kalau proses ini juga sudah ia laporkan ke Kementerian BUMN. Dengan begitu, saat dia dilantik menjadi Dirjen Imigrasi, sekaligus melepas jabatannya sebagai Dirut Krakatau Steel.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim terpilih jadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Diketahui, dia menjadi salah satu yang mendaftar beberapa waktu lalu.

Kabar ini sempat beredar di media sosial pada Senin (26/12/2022) siang. Dari sumber mediakota-online.com menyatakan bahwa kabar tersebut benar adanya.

“Kita tunggu saja proses formalnya,” ujarnya sumber tersebut kepada mediakota-online.com, Senin (26/12/2022).

Dari informasi yang dihimpun mediakota-online.com, Silmy akan dilantik menjadi Dirjen Imigrasi Kemenkumham pada Januari 2023, bulan depan.

Kabar terpilihnya Silmy Karim diketahui lewat ucapan selamat yang didapat mediakota-online.com. “Selamat atas terpilihnya bapak Silmy Karim sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI,” seperti tertulis.

Besaran gaji dan tunjangan turut menjadi perhatian saat perpindahan jabatan ini. Lantas, seberapa besar gaji Ditektur Utama Krakatau Steel dan Dirjen Imigrasi jika dibandingkan? Berikut asumsi perhitungannya.

Mulai dari gaji dan tunjangan seorang Dirut Krakatau Steel. Mengacu pada laporan tahunan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, total alokasi untuk gaji atau kerap disebut remunerasi pada direksi perusahaan itu mencapai Rp 28.332.505.767 untuk satu tahun penuh. Untuk kategori honorarium, Direksi Krakatau Steel mendapat alokasi Rp 10.968.200.000.

Dengan jumlah direksi Krakatau Steel sebanyak 6 orang termasuk Silmy Karim, berarti rata-rata setiap orangnya bisa mengantongi Rp 4,772 miliar per tahun. Dengan demikian, bisa disebut kalau setiap bulannya mampu mendapatkan Rp 393,5 juta per bulan untuk tiap-tiap direksinya.

Perlu dicatat, besar gaji direksi lainnya adalah 85 persen dari besaran gaji yang diperoleh Direktur Utama.

Besaran gaji dan remunerasi ini mengacu pada Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-13/MBU/11/2021 tentang Perubahan Keenam Atas PERMEN BUMN No. 04/2014. Beleid ini mengatur Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN.

Ada beberapa hal yang masuk dalam penghitungan total ini. Diantaranya Gaji, Tunjangan berupa Tunjangan Hari Raya Keagamaan, Asuransi Purna Jabatan, dan Tunjangan Perumahan. Lalu Fasilitas berupa kendaraan, kesehatan, dan bantuan hukum.

Sementara itu, besaran gaji Dirjen Imigrasi Kemenkumham masuk dalam kategori pejabat pemerintah atau pegawai negeri sipil (PNS). Artinya ada besaran gaji yang diatur sesuai dengan golongan.

Sebagai PNS, besaran gaji tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2019. Mengacu beleid ini, Dirjen Imigrasi berada pada level eselon 1A atau berhak atas besaran gaji tertinggi.

Masih mengacu aturan tersebut, gaji terendah adalah Rp 1.560.800, sementara untuk golongan tertinggi dipatok Rp 5.901.200 per bulan.

Di sisi lain, untuk PNS di kalangan Kementerian Hukum dan HAM, besaran tunjangan kinerja diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 120 Tahun 2017. Dalam aturan ini, jabatan tertinggi di lingkungan Kemenkumham berhak atas tunjangan kinerja sebesar Rp 33.240.000 per bulan.

Dengan asumsi demikian, jika Silmy Karim menjabat sebagai Dirjen Imigrasi, dia berhak atas pendapatan Rp 39.141.000 per bulan. Namun, angka ini belum memasukkan hitungan besaran tunjangan jabatan dan alokasi anggaran operasinal untuk pejabat eselon 1A.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim terpilih jadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Diketahui, dia menjadi salah satu yang mendaftar beberapa waktu lalu. [Benn/Wira]

By Wira