• Rab. Apr 24th, 2024
Top Tags

Kepala Kantor Imigrasi Putussibau Urai Alindri warga perbatasan apresiasi Imigrasi Putussibau memberikan Pelayanan Paspor Langsung

ByWira

Mar 18, 2024

Kalbar – mediakota-online.com

Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau telah meluncurkan program inovatif yakni turun langsung ke daerah perbatasan untuk memberikan layanan pembuatan paspor.
Program tersebut telah dilaksanakan di Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat selama dua hari, mulai dari Sabtu, 16 Maret 2024 hingga Minggu, 17 Maret 2024.

Layanan tersebut merupakan bagian dari upaya Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau, untuk mempercepat proses administrasi dan memudahkan akses masyarakat terhadap pembuatan paspor.

Atas hal itu, masyarakat perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu, kini tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mendapatkan paspor, karena tim dari Kantor Imigrasi Putussibau dikirim ke daerah perbatasan, khususnya Kecamatan Badau, dengan membawa peralatan lengkap untuk membantu proses pembuatan paspor.

Meskipun terdapat tantangan utama dalam memberikan pelayanan di daerah perbatasan, yang salah satunya adalah ketersediaan infrastruktur komunikasi yang terbatas, namun untuk mengatasi masalah tersebut, pihak Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau memasang penguat sinyal di sekitar area kegiatan.

Langkah tersebut memastikan bahwa proses pelayanan berjalan lancar dan tidak terkendala masalah teknis.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau, Uray Aliandri, yang turut meninjau kegiatan tersebut, mengatakan bahwa hal tersebut pihaknya lakukan karena menyadari betapa pentingnya paspor bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di daerah perbatasan.
“Kami ingin memastikan bahwa semua warga negara memiliki akses yang sama terhadap dokumen penting seperti paspor. Oleh sebab itu kami mendatangi mereka langsung di daerah perbatasan. Kami berusaha memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

Dengan diinisiasinya kegiatan tersebut oleh Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau, penduduk setempat sangat menyambut baik karena merasa sangat terbantu, terutama terkait efisiensi biaya dan waktu.

Camat Empanang, Herman Goe, mengaku bahwa warga perbatasan di Kecamatan Badau sangat mengapresiasi adanya kegiatan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran petugas Imigrasi di sini (Badau). Sebelumnya, kami harus berpergian jauh untuk membuat paspor, namun kali ini prosesnya lebih mudah dan cepat,” singkatnya. [Benn]

By Wira