• Rab. Apr 24th, 2024
Top Tags

HAKIKAT SHOLEH DAN MUSLIM DALAM PRESFEKTIF PERUBAHAN UMAT ISLAM
Oleh H ANAN NURDIN,Lc,MM
WARTAWAN ALJAZIRAH JAKARTA

ByWira

Okt 8, 2022

Jakarta, Mediakota-online.com
Hari ini, Sabtu 12 Rabiul Awaln1444 Hijriyah bertepatan tanggal 8 Oktober 2022 Forkommas telah mengadakan pengajian subuh keliling. Adapun yang ketempatan adalah Mushollah Alhidayah RW 02 Kelurahan Malakasari, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur Dengan penceramah ” Ustdz H.Anan Nurdin Lc, MM, mengambil tema ” Hakikat Sholeh dan Muslim dalam Prespektif Perubahan Umat Islam”.

Kebetulan Ustdz tersebut adalah wartawan Aljazirah yang berkantor di Jakarta. 
Dalam ceramah tadi ustadz mengutip Alqur’an surah ThaHa ayat 132 yang artinya sebagai berikut, ” Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan sholat dan sabar dalam mengerjakannya Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat yang baik ( yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa”.

Dalam paparan ayat diatas diantara Bahwa Allah menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk meyembah padaNya.
Yang artinya manusia, untuk mendirikan ( melaksanakan) sholat secara benar.
Yaitu, benar cara beribadah pada Allah Benar cara takbir, rukuk, sujud dan dilakukan dengan khusuk.

Karena pada hari kiamat kelak Amal perbuatan manusia pertama dihisab adalah ” Sholat” Jika sholatnya benar maka amal yang lain akan menyertai padanya.
Oleh karena itu Ustadz mengajak kepada jamaah yang hadir Agar tidak menyepelekan sholat Bila telah tiba waktu dikumandangkan adzan segeralah kemasjid untuk sholat jamaah.

Dengan mengerjakan sholat secara benar Akan membawa seseorang bisa membedakan mana yang hak dan bathil.
Juga membawa seseorang menjadi jujur dan amanah.
Maka, akan membawa kedamaian bagi sendiri, orang lain bahkan negara menjadi tenteram.

Dalam ayat tersebut juga menganjurkan kepada setiap manusia untuk mencari rezeki. Karena, dalam hidup ini perlu makan Agar seseorang sehat badannya. Ustadz H Anan Nurdin, Lc, MM mengingatkan. Dalam mencari rezeki hendaknya secara baik Yang artinya, dengan cara yang halal Bukan cara menipu (mengurangi) timbangan, takaran serta ukuran Apalagi, dengan mencuri, merampok dan korupsi.

Karena kejujuran akan membawa ketenangan dalam hati Dan juga Ustadz mengajak kepada jamaah yang hadir Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk orang lain
Yaitu, untuk berinfak ( sedekah) pada sesama. Karena berinfak ( sedekah) dengan mengharap ridho-Nya. Akan mendapat pahala yang melimpah Dan selain itu sedekah akan mengurangi musibah, penyakit dan menghapus kesalahan (dosa).

Ustadz H Anan Nurdin, Lc, MM mengajak kaum muslimin untuk melakukan pekerjaan dengan sabar, iman dan takwa.
Karena, takwa akan membawa seseorang menjadi beruntung didunia serta akhirat. (Shodiqin).

By Wira