• Rab. Jun 19th, 2024

Hari Bhakti Imigrasi, Menkumham Bicara Golden Visa buat Tarik Investor

ByWira

Jan 27, 2023

Jakarta, mediakota-online.com
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan salah satu fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi adalah sebagai pendorong kemajuan ekonomi bangsa. Ia pun menitip beberapa pesan kepada Imigrasi.
“Imigrasi harus selalu mengembangkan berbagai inovasi serta penerapan berbagai kebijakan yang kiranya dapat mengakselerasi percepatan roda ekonomi serta melibatkan seluruh elemen masyarakat,” kata Yasonna dalam keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).

Tampak photo bersama Sulistiarso dan Lucky Agung binarto

Hal tersebut disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly saat memimpin Apel Hari Bhakti Imigrasi ke-73 di Lapangan Gedung Kemenkumham, Kamis, hari ini.

Dalam rangka hari bhakti Imigrasi ke 73 tabur bunga makam pahlawan kalibata Nasional dirjen Imigrasi Silmi Karim didampangin Sesdijen Supartono.dan pejabat Lain nya berphoto bersama Dengan pejabat Jajaran Direktorat Jendral Imigrasi

Yasonna mengingatkan sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, Imigrasi harus memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor-investor asing melalui program Golden Visa, dan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan melalui sistem yang sudah terkoneksi dan terintegrasi secara luas.

“Sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, Imigrasi harus mampu memberikan pelayanan keimigrasian yang terbaik bagi masyarakat, sekaligus melaksanakan fungsi penegakan hukum demi keamanan negara,” tutur Yasonna.

Fungsi Imigrasi di bidang penegakan hukum juga dinilai akan beriringan dengan fungsi pelayanan dan tidak akan saling bertentangan. Sehingga memberikan kepastian hukum kepada masyarakat merupakan bentuk tertinggi dalam pelayanan.

Sebagai sebuah institusi, Direktorat Jenderal Imigrasi tidak dapat berdiri sendiri dan butuh kerja sama yang efektif dengan berbagai institusi terutama dengan institusi yang juga memiliki fungsi pengamanan perbatasan dan penjagaan stabilitas wilayah.

Kerja sama secara sistem juga perlu dilakukan dengan pihak internasional untuk meningkatkan kemampuan sistem disertai berbagai beasiswa pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Insan Imigrasi sebagai human capital penggerak inovasi.

Yasonna juga berpesan kepada seluruh insan Imigrasi untuk tetap patuh dan teguh dalam menjalankan fungsi yang diemban.

“Jadikanlah pekerjaan yang dijalani sebagai ibadah yang dipertanggungjawabkan tidak hanya di depan pimpinan ataupun keluarga, melainkan juga di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa,” imbuh Yasonna

Yasonna menuturkan Imigrasi telah berhasil melalui berbagai zaman. Namun, keberhasilan yang telah dicapai masih terus memerlukan berbagai penyesuaian seiring dengan perkembangan zaman dan situasi global.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas berbagai capaian, inovasi dan prestasi yang telah dihasilkan, baik berupa fasilitas pelayanan masyarakat, kegiatan penegakan hukum, serta fasilitator pembangunan ekonomi telah memberikan citra positif Direktorat Jenderal Imigrasi di mata masyarakat,” ucap Yasonna.
[Benn/ Hasan Himmah]

By Wira