• Kam. Jul 18th, 2024

Kejari Jakarta Selatan
Menahan PKC PT. Pegadaian Kebayoran Baru Jaksel.

ByWira

Feb 21, 2023
Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Syarief Sulaeman Nahdi SH MH

Jakarta, mediakota-online.com
Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan yang di Pimpin oleh, Syarief Sulaeman Nahdi SH MH sebagai  Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, telah menahan dan menjebloskan Pimpinan Kepala Cabang (PKC) PT. Pegadaian Kebayoran Baru Jakarta Selatan bernama, “Amalia Komalasari” (AK).

Tersangka PKC PT. Pegadaian Kebayoran Baru Jaksel, Amalia Komalasari alias “AK”.

Setelah dalam sidik, penyidikan, sampai ke penyelidikan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, AK dinyatakan terbukti melakukan rangkaian kejahatan yaitu, “dugaan korupsi”

Lalu Pimpinan Kepala Cabang Pegadaian AK ini ditetapkan sebagai tersangka.  Setelah melalui rangkaian pemeriksaan sejumlah saksi dan barang bukti permulaan yang cukup, akhirnya tim Penyidik Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan menetapkan Pimpinan Cabang (Pimcab) PT Pegadaian Kebayoran BaruJaksel Amalia Komalasari alias AK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyaluran fasilitas Kredit Cepat Aman (KCA) PT Pegadaian Cabang Kebayoran Baru tahun 2018 hingga 2022 yang dilansir berita obsever.

“Diduga AK melakukan penyalahgunaan identitas nasabah Existing untuk pencairan gadai,”kata Kepala Kejari Jaksel, Syarief Sulaeman Nahdi di Jakarta, Senin (20/02/2023).

Bukan hanya menetapkan sebagai tersangka, tim penyidik juga langsung menjebloskan AK ke rumah tahanan Salemba ke Kejagung selama dua puluh hari kedepan.

“AK Ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung terhitung mulai tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan tanggal 11 Maret 2023,”tegasnya

Atas perbuatannya, AK disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) jo. UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah ditambah dan diubah dengan UU No. 20 tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 64 ayat (1) KUH Pidana.

Tim penyidik Kejari Jaksel juga melalukan penggeledahan di Kantor PT Pegadaian Cabang Kebayoran Baru, Melawai, Kebayoran Baru, Jumat (06/01/2023).

Diungkapkan Syarief Sulaeman Nahdi, penggeledahan tersebut berkaitan dengan penyidikan kasus penyimpangan dalam penyaluran fasilitas KCA.

“Penggeledahan dilakukan karena ada dugaan kuat penyimpangan dalam penyaluran fasilitas KCA pada PT Pegadaian Cabang Kebayoran Baru tahun 2022,” kata Syarief dalam siaran persnya, Jumat (06/01/2023).

Tidak hanya kantor Pegadaian Cabang Kebayoran Baru Jakarta Selatan , namun yang digeledah, penyidik juga menggeledah rumah “AK”  di Villa Jombang Baru, Blok D.I/11 RT 003/014, Kelurahan Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

“Dalam penggeledahan tersebut, tim penyidik pun menyita sejumlah dokumen maupun alat elektronik yang diduga kuat mempunyai keterkaitan dengan dugaan tindak pidana,”, jelasnya . (Eddy)

By Wira