• Sab. Feb 24th, 2024
Top Tags

Korea Selatan Kasih Bebas Visa untuk Turis dari 22 Negara Ini

ByWira

Mar 31, 2023

Jakarta, mediakota-online.com
Korea Selatan akan membebaskan visa untuk turis dari 22 negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang dan Taiwan. Turis dari 22 negara tersebut tak lagi wajib mengajukan visa berkunjung maupun visa transit secara online untuk masuk ke Negeri Ginseng.
Mengutip Korea Yonhap, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menarik lebih banyak turis asing mengunjungi Korea serta mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri, kata kementerian keuangan Korea pada Rabu (29/3/2023).

Adapun turis yang bebas visa dari 22 negara termasuk Jepang, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Makau, AS, Kanada, dan Inggris. Mereka tak perlu lagi mengajukan visa berkunjung melalui sistem izin perjalanan online, Korea Electronic Travel Authorization (K- ETA), mulai akhir tahun depan.

K-ETA diperlukan untuk pelancong dari 110 negara bebas visa, namun dari daftar tersebut hanya 22 negara yang dipilih untuk mendapat kebebasan masuk ke Korea.

Korea Selatan juga berencana untuk melanjutkan pembebasan visa transit bagi penumpang transit dari 34 negara, termasuk AS dan negara-negara Eropa, untuk memungkinkan mereka tinggal di negara tersebut hingga 30 hari. Rombongan wisatawan dari China dapat jalan-jalan di Korea hingga lima hari di kota tempat bandara domestik yang mereka gunakan atau wilayah metropolitan Seoul jika mereka transit melalui Pulau Jeju.

Bagaimana dengan turis dari Indonesia?

Pemerintah Korea Selatan akan melonggarkan ketentuan penerbitan visa bagi pengunjung kelompok dari Vietnam, Filipina, dan Indonesia. Mereka akan membuat program visa baru untuk orang asing berpenghasilan tinggi dan turis dari golongan anak muda.

Untuk mendorong program ini, Korea Selatan juga berjanji akan membuat sejumlah acara berskala besar yang berkaitan dengan K-pop, belanja, makanan, dan budaya lainnya.

Konser K-pop skala besar juga akan berlangsung di seluruh negeri dari Mei hingga Oktober, termasuk Seoul Festa 2023 yang dijadwalkan pada bulan April dan konser yang akan diadakan di kota pelabuhan Busan pada bulan Mei. [Benn]

By Wira