• Sen. Jun 17th, 2024

Warga masyarakat Keluhkan, Jalan Lintas kecamatan KabupatenTanbu diduga Rusak Parah, di duga Tidak Ada Perhatian dari dinas PUPR.

ByWira

Apr 29, 2023

Kab.Tanbu, mediakota-online.com
Saat melintas ruas jalan menuju di desa  Karang Mulia desa Karang Bintang Kecamatan kusan Hulu diduga rusak parah karena sudah (1) tahun tak diperbaiki oleh Pemkab Tanbu provinsi Kalimantan Selatan

Warga masyarakat di desa karang Mulia  berbatasan  desa Bakarangan  mengeluhkan kondisi jalan yang sudah bertahun-tahun diduga rusak parah. Kerusakan jalan tersebut sekitar 300 Meter kondisinya  semakin parah karena tidak ada perbaikan “ujar warga kepada Media Kota  Kamis (29/4/2023) sekitar pukul 12.00 Wita, lokasi jalan yang diduga rusak itu berada di desa Karang Mulia Kecamatan kecamatan  Kusan Hulu Jalan ini merupakan akses utama  menuju ke beberapa desa,  seperti desa Lasung , desa manuntung, desa Sungai Rukam dan  desa Dadap.

Tampaknya  kondisi jalan tersebut sebagian besar sudah tidak beraspal. Hanya ada bebatuan runcing dan tanah bekas penimbunan warga masyarakat yang secara gotong-royong berusaha untuk memperbaiki jalan tersebut.

Jika ada pengendara melintas, mereka harus menurunkan kecepatan dan berhati-hati karena kondisi kerusakan jalan yang diduga sangat parah tersebut.
Jika tidak, kerusakan jalan dapat membuat pengendara kehilangan keseimbangan dan kecelakaan lalulintas di Jalan rusak tersebut, kalau nggak salah sudah (1) tahun. Sampai sekarang nggak ada perhatian pihak pemerintah kab. Tanbu” kata  Sapar  (50), seorang warga  Sabtu (29/34/2023).

Warga masyarakat Sapar namanya, sangat menyayangkan sikap pemerintah kab Tanbu yang terkesan tak mau tahu dengan kondisi jalan tersebut. Menurut dia padahal jalan ini sudah lama rusak.

Dia mengatakan, kondisi jalan ini semakin parah kalau lagi hujan  Karena air menggenang jalan sehingga sepanjang jalan itu dipenuhi air.

“Kalau hujan, warga setengah mati (kami kesulitan) mau lewat, karena selain jalan sudah rusak parah dan berbatu tajam , jalan juga penuh dengan air,” katanya.

Sapar  berharap ke depan supaya pemerintah Tanbu  bisa melakukan perbaikan. Karena masyarakat sudah cukup lama menikmati kondisi jalan yang rusak seperti ini.

Dia mengaku perbaikan di lokasi ini tidak hanya untuk akses jalan, namun saluran air di sini juga perlu diperbaiki.

“Di sini bukan hanya jalan yang rusak, saluran air juga bermasalah. Sebenarnya pemerintah perhatikan. Karena selain    jalan  menuju beberapa desa  ,Askes jalan tersebut  adalah jalan utama yang di gunakan  warga masyarakat Tanbu.

Sementara itu keluhan warga lain ditumpahkan ke media sosial. Menurut mereka jalan sudah 2 tahun ini tidak ada perbaikan dan perhatian pemerintah Tanbu.

Sopir Truk yang melintas
Dia mengaku sudah bertahun tahun mengalami kondisi jalan yang sudah rusak. Akhirnya warga masyarakat setempat mengambil inisiatif bergotong royong melakukan perbaikan dengan fasilitas seadanya.

“Ini jalan bukan lebih bagus, malahan lebih parah,” ketua warga masyarakat

Dia mengatakan jalan di situ tak hanya diduga rusak, namun tidak ada penerangan di lokasi jalan tersebut. Dia berharap kondisi jalan di situ menjadi prioritas pemerintah untuk melakukan perbaikan.

“Jalan sudah sangat rusak, kalau malam tidak ada penerangan lampu jalan umum ,” ( PJU )pungkas dia.

Harapan warga masyarakat ada perhatian dari Pemerintah Daerah  Tanbu khususnya dinas PUPR  untuk perbaikan  jalan tersebut”.(Hallion)

By Wira