• Kam. Apr 18th, 2024
Top Tags

Puasa Untuk Pada Pasien Hemodialisis (Oleh : Helsy Diah Puspita,RD)

ByWira

Mar 9, 2024

Bagi umat muslim diseluruh dunia, bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan. Dimana mereka akan berpuasa selama 30 hari lamanya. Puasa didalam bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan untuk seorang muslim. Ada 9 kriteria orang yang tidak diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan yaitu : Anak yang belum akil baligh, orang yang bepergian atau musafir, orang tua lanjut usia yang lemah, wanita yang sedang haid, orang yang hilang akal, wanita hamil dan menyusui dan orang yang sakit berat.

 

Puasa atau “As-shaum” berarti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa disebut juga menahan diri dari nafsu seperti : makan, minum serta berhubungan suami istri disiang hari serta perbuatan dan perkataan yang sia-sia yang diharamkan oleh Allah SWT.

 

Salah satu bahasan yang kita sampaikan pada kali ini adalah orang yang tidak wajib untuk berpuasa adalah orang yang sakit yang dapat memb uat orang tersebut diperbolehkan untuk tidak berpuasa jika dengan berpuasa akan memperparah kondisi orang tersebut, namun dengan satu catatan apabila sehat maka orang tersebut harus menggantinya dihari lain diluar bulan Ramadhan yang ditinggalkannya itu atau istilahnya membayar Fidyah.

 

Banyak beberapa pasien dengan pasien berat menginginkan untuk berpuasa Ramadhan, akan tetapi pertimbangan seorang dokter bahwa pasien itu akan mengalami kondisi yang parah apabila terlalu dipaksakan untuk tetap berpuasa sehingga dokter menganjurkan untuk tidak berpuasa.

 

Prevalensi penderita PGK cenderung terus meningkat. Dari study Global Burden of Disease, CKD menyumbang 956.200 kematian diselurh dunia, meningkat 134% dari 1990. Indonesia merupakan negara dengan angka penderita CKD yang tinggi. Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFERI) memperkirakan terdapat 70.000 penderita PGK di Indonesia. Jumlah ini akan terus meningkat sekitar 10% setiap tahun. Menurut data Riskesdas tahun 2018, prevalensi PGK di indonesia sebesar 0,38% dari total diagnosis dan proporsi Hemodialisis sebesar 19,33% dari diagnosis.

 

Salah satu masalah yang sering dialami pada pasien yang dialami pada pasien yang menjalani hemodialisis rutin adalah tingginya angka kejadian malnutrisi (Rahayu dkk, 2017). Protein Energi Malnutrisi (PEM) merupakan kondisi dimana hilangnya simpanan protein dan energi pada penderita hemodialisis. Malnutrisi energi protein telah terbukti memberikan efek yang tidak baik terhadap outcome klinis pasien penyakit gagal ginjal kronis.

By Wira