• Sen. Jun 17th, 2024

REVITALISASI PASAR ANYAR KOTA TANGERANG

ByWira

Nov 16, 2023

Tangerang, mediakota-online.com
Pada awal bulan september 2023 kabar baik terkait revitalisasi pasar anyar oleh Kementrian PUPR sudah merebak di kalangan para pedagang di Pasar Anyar, sikap para pedagang pada saat itu tentunya sangat antusias mendengar kabar tesebut.

Terbukti dengan para pedagang
langsung membentuk forum komunikasi antara pedagang dan menyatakan mendukung program revitalisasi 100%, karena memang para pedagang sangat mendambakan pasar yang bersih dan modern.

Seiring berjalannya waktu, musyawarah terus dilakukan antara pihak Perumda dengan pihak Pedagang, dari sebelumnya lokasi relokasi yang diminta oleh para pedagang yang menginginkan di satu titik akan tetapi ditolak oleh pihak Perumda. Perumda memberi opsi lima titik relokasi tanpa adanya musyawarah dengan para pedagang yang terkesan sepihak, adapun keinginan para pedagang tetap menginginkan satu titik relokasi.

Dari perjalan komunikasi yang kedua belah pihak yang dimulai pada bulan september sampai saat ini belum juga menemukan titik temu mengenai lokasi relokasi utama terkait pedagang komoditi basah dikarenakan sikap Perumda yang terkesan sepihak yaitu dengan cara menggiring para pedagang Pasar Anyar agar mengikuti keinginan pihak Perumda.

Komunikasi yang terjalin antara pihak Perumda dan pihak Forum sebenarnya sudah berjalan dengan baik. Terbukti dengan sudah adanya kesepakatan awal pedagang komoditi kering ke Metropolis dengan syarat pedagang basah mendapatkan tempat yang sesuai dengan
keinginan para pedagang komoditi basah.

Berbagai upaya komunikasi sudah terjalin dengan pihak Pemerintah Kota Tangerang melalui Asda I dan Asda II, juga dengan pihak Kepolisian (Polres Metro Tangerang Kota) dan Wakil Walikota Tangerang akan tetapi belum juga menemukan titik temu. Sebenarnya para pedagang menginginkan berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Kota Tangerang, khusnya kepada Walikota Tangerang, tetapi upaya tersebut sampai saat ini belum juga terealisasi Tujuannya kami para pedagang menginginkan komunikasi dengan Walikota Tangerang mengenai nasib kami agar relokasi ini tidak menyengsarakan para pedagang apabila salah penanganannya.

Kami pun sebenarnya tidak menginginkan aksi damai ini, akan tetapi dikarenakan Forum menampung semua aspirasi dari seluruh komoditi, maka kami Forum mencoba membawa aspirasi tersebut dengan aksi damai ini, andai saja dari awal pihak Pemerintah Kota Tangerang utamanya Walikota Tangerang cepat merespon keinginan kami para pedagang mungkin aksi ini tidak akan terjadi.

[Lala]

By Wira